IDIK

INSTALASI DIAGNOSTIC INTERVERSI KARDIOVASKULER (IDIK) / Angiography Adalah Tindakan/Prosedur Diagnostik Invasif Menggunakan Sinar X (X-Ray) Untuk Menggambarkan Pembuluh Darah Diberbagai Bagian Tubuh Termasuk Jantung, Otak Dan Ginjal Untuk Melihat Apakah Ada Penyakit, Penyempitan, Pelebaran Atau Penyumbatan Pada Pembuluh Darah.

Kegunaan dari IDIK & Angiography :

  1. Mendeteksi penyakit artherosclerosis pada arteri carotis di leher, yang menggangu aliran darah ke otak dan bahkan dapat menyebabkan stroke.
  2. Mengidentifikasikan aneurysma intractranial atau kelainan lain pada pembuluh darah di otak.
  3. Mengevaluasi penyakit di pembuluh darah ginjal atau membantu mempersiapkan transplantasi ginjal.
  4. Mendeteksi aneurysma pembuluh darah aorta.
  5. Mengidentifikasi sumber pendarahan seperti pada dinding usus.
  6. Membantu menyiapkan operasi penyakit pembuluh darah pada tungkai bawah pasien yang mempunyai keluhan pada waktu berjalan.
  7. Memperlihatkan artherosclerosis pada pembuluh darah jantung.

 

Keuntungan dari IDIK / Angiography :

  1. Kateter angiography dapat menampilkan gambar pembuluh darah secara detil, jelas dan akurat. Sangat membantu dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).
  2. Tidak seperti CT Angiography atau MR Angiography, menggunakan kateter yang memungkinkan untuk mengkombinasikan diagnosa dan tindakan dalam satu prosedur, misalnya : menemukan daerah penyempitan arteri diikuti dengan angioplasty dan penempatan stent.
  3. Kateter angiography dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detil yang tidak bisa dihasilkan oleh prosedur noninvasive.